Web Programmer: Pengertian, Skill, Tugas & Gaji

Web Programmer memiliki peran penting dalam menghubungkan sumber daya akan digunakan pada website ataupun aplikasi. Adanya peran penting ini membuat web programmer menjadi salah satu profesi yang banyak dibutuhkan.

Terlepas dari website ataupun aplikasi, keduanya kini menjadi salah satu bisnis dibidang teknologi yang semakin menjamur di Indonesia. Tentunya bisnis ini sangat membutuhkan Web Programmer agar tujuannya bisa tercapai.

Apa Itu Web Programmer?

Web Programmer berasal dari istilah Coder yang memiliki artian sebagai menulis kode dengan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini tentunya tidak bisa lepas dari membangun website ataupun aplikasi yang basisnya adalah web.

Profesi ini menjadi sangat penting dikarenakan Web Programmer memiliki tugas sebagai pemanfaatan sumber daya yang dihubungkan ke dalam web atau aplikasi.

Adapun jenis sumber ini berupa, pembuatan halaman website, pemanggilan database dan lain sebagainya. Jika kamu beranggapan ini sama dengan tugas Web Developer, tentunya ini asumsi yang salah.

Pasalnya, Web Developer memiliki tugas utama dalam analisis website yang sudah dibangun. Sedangkan Web Programmer memiliki tugas untuk membangun website dari nol hingga ke tahap pengembangan.

Skill Web Programmer

Membahas perihal skill Web Programmer tentu saja harus disesuaikan dengan kemampuan serta keahlian yang kamu miliki. Pasalnya, profesi Web Programmer tidak akan cocok jika kamu hanya memiliki kemampuan dalam coding saja.

Terdapat beberapa skill pendukung lainnya yang harus kamu miliki dalam melengkapi profesi tersebut. Hal ini mengingat banyaknya permasalahan yang mungkin nantinya kamu hadapi ketika membangun website dari nol hingga ke tahap pengembangan.

Adapun skill atau kemampuan yang harus kamu miliki untuk menjadi Web Programmer seperti di bawah ini:

1. Memahami Konsep Dasar Pemrograman

Pemahaman terhadap konsep dasar pemrograman menjadi hal utama yang harus kamu kuasai sebelum terjun di dunia Web Pemrograman. Hal ini tentunya mencakup seperti Algoritma, Bilangan Prima hingga penciptaan software.

Tentunya kamu bisa memahami hal dasar ini sembari belajar terkait dengan pemrograman. Semakin sering kamu belajar, maka pemahaman kamu akan semakin luas terhadap konsep dasar tersebut.

2. Menguasai Bahasa Pemrograman

Saat ini terdapat banyak bahasa pemrograman yang bisa kamu jumpai. Umumnya, bahasa pemrograman ini memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Adapun bahasa dasar dari pemrograman yang bisa kamu ketahui, seperti HTML, CSS hingga Javascript.

Seorang programmer tentunya tidak akan bisa menguasai semua bahasa tersebut. Namun kamu harus mampu menguasai bahasa pemrograman tersebut lebih dari satu.

3. Tidak Mudah Menyerah

Tidak mudah menyerah menjadi skill pendukung lainnya yang harus kamu miliki. Hal ini dikarenakan tidak jarang kamu akan menjumpai masalah ketika mulai melakukan pekerjaan sebagai Web Programmer.

Kamu harus banyak-banyak berlatih agar bisa mengatasi permasalahan yang terjadi. Biasanya, masalah ini mencakup bahasan pemrograman yang error dan lain sebagainya.

Tugas Web Programmer

Terdapat beberapa tugas utama dari Web Programmer yang akan kamu lakukan jika melakoni profesi tersebut. Tugas ini tentunya mencakup pada pengembangan website atau aplikasi hingga mengembangkannya ke tahap perilisan.

Berikut ini beberapa tugas dari Web Programmer yang akan kamu jumpai.

1. Memahami Layout, Struktur dan Fitur Web

Menjadi Web Programmer membuat kamu haru mengerti terkait dengan gambaran untuk tampilan desain secara keseluruhan, baik itu untuk website ataupun aplikasi. Tugas ini menjadi penting dikarenakan kamu harus memahami secara detail terkait rancangan web.

Meskipun layout ini dikerjakan oleh seorang Web Designer, tentunya kamu harus tahu bagaimana rancangan dari website tersebut. Hal ini bertujuan agar tidak ada kesalahan dalam rancangan serta pembacaan gambar yang akan kamu kerjakan.

2. Menghandle Code yang Dikerjakan

Kamu tentunya akan membuat, mengerjakan hingga mengelola hasil kode yang sebelumnya telah dibuat. Selain itu, jika terjadi kesalahan, maka kamu harus dengan cepat memperbaikinya agar semua elemen bisa berjalan dengan maksimal.

3. Melakukan Pengecekan Terhadap Semua Elemen

Tidak hanya pada bahasa pemrograman saja, kamu juga perlu memeriksa ulang semua fitur sebelumnya telah dibuat. Selain itu, lakukan uji coba terlebih dahulu apakah semuanya berjalan dengan normal.

Jika terjadi masalah pada sistem, maka bisa saja semuanya tidak bisa berjalan sehingga membuat web atau aplikasi tidak dapat berjalan dengan semestinya.

Berapa Gaji Seorang Web Developer?

Jika kamu bertanya terkait dengan berapa gaji seorang Web Developer, tentunya sangat bervariasi. Tergantung dengan company ataupun perusahaan mana kamu bekerja. Namun, dari beberapa sumber gaji rata-rata dari Web Developer adalah Rp4.400.000/bulan.

Tugas utama dari Web Programmer tentunya tidak akan pernah lepas dari codingan. Setelah mengetahui hal ini, apakah sekarang kamu tertarik untuk menjadi Web Programmer?