4 Strategi Digital Marketing Sebagai Senjata Ampuh

Maraknya konten pemasaran yang sering bermunculan di social media, menjadikan hal baru dan unik dalam mencari pelanggan. Dalam sebuah bisnis, strategi digital marketing adalah senjata yang paling ampuh dalam mendatangkan customer yang tepat.

Di era digital saat ini, muncul istilah baru yang sering kita kenal dengan Digital Marketing. Banyak perusahaan berlomba-lomba untuk berperan aktif di Digital Marketing. Apalagi, strategi digital marketing adalah strategi ampuh, efisien dan cepat dalam mencakup pelanggan yang dituju.

Contoh Penerapan Strategi Digital Marketing

Mempelajari skill digital marketing memiliki manfaat yang luar biasa di era digital. Beberapa kalangan telah membuktikannya karena strategi digital marketing atau biasanya dapat disebut juga dengan strategi pemasaran online lebih efisien dalam pengeluaran biaya.

Hal tersebut juga menjadi alasan para pelaku UMKM banyak terjun mempelajari strategi digital marketing. Selain itu, proses mem-branding produk yang ingin kita jual lebih mudah bahkan cepat tersebar. Jangkauan yang ingin dicapai dengan strategi digital marketing tidak terbatas dan juga tergantung dari budget yang kita miliki.

Untuk memahami lebih lanjut terkait strategi digital marketing, maka diperlukan pemahaman dari beberapa jenis strategi digital marketing tersebut:

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO atau biasa disebut dalam bahasa Inggrisnya Search Engine Optimization adalah jenis terpenting dari strategi digital marketing. Kenapa ini di bilang penting? Karena metode ini mengajarkan kita dalam mengoptimasi tulisan (keyword) agar muncul di barisan teratas dari pencarian Google, Bing, dan lain-lain.

Faktanya, terdapat lebih dari 50% traffic website disebabkan oleh SEO dengan memahami riset kata kunci (Keyword). Lebih lanjut, pemahaman dalam meriset kata kunci juga perlu diimbangi dengan skill penulisan yang baik.

Maka tidak heran jika SEO expert di Amerika memiliki gaji Rp. 60 juta s/d 100 juta-an lebih perbulan.

2. Memiliki Website

Saat ini, website dalam sebuah perusahaan kecil sudah menjadi keharusan apabila ingin menerapkan strategi digital marketing. Masih banyak yang belum memahami pentingnya sebuah website dikarenakan ketidakmampuan mengoptimalkan website tersebut.

Agar memudahkan hal tersebut, website dapat dipandang seperti sebuah ruko di dunia nyata. Artinya, bagaimana anda mau berjualan? Sedangkan “ruko” online-nya saja tidak dimiliki.

Tidak mampu untuk membuat website bukan menjadi alasan dalam menerapkan strategi digital marketing. Malahan, dengan adanya website tersebut dapat menjadi penilaian tersendiri bagi pelanggan dalam menjangkau produk yang ingin kita jual.

Ditambah lagi dengan tingginya kepercayaan publik dalam menilai kredibilitas brand yang kita miliki.

3. Konsistensi dalam mengoptimalkan media sosial.

Kenapa harus memakai kata “Konsisten”? kebanyakan para pemula dalam memulai bisnis selalu dihadapi dengan masalahnya sendiri yaitu ketidak-konsistenan dalam memaksimalkan potensinya mengelola sosial media.

Padahal, massa yang dicari dan dituju berasal dari sosial media seperti Facebook, Instagram, Youtube dan lain-lain. Munculnya aplikasi TikTok, telah memunculkan massa baru yang cenderung ingin melihat sesuatu dapat di tonton dan menghibur.

Keseriusan dalam mengelola media sosial sangat dibutuhkan bagi semua kalangan. Karena sangat berdampak besar dalam mendatangkan traffic.  Hal tersebut adalah bukti dari interaksi yang dibangun secara tidak sadar oleh pebisnis dan customer.

4. Content Marketing

Content marketing dapat dipahami sebagai bahan yang dibutuhkan dalam memasarkan suatu produk. Hal tersebut dapat berupa gambar, tulisan, audio dan video yang dapat target customer tertarik dengan apa yang kita sajikan.

Dalam pembuatan content marketing, sudah semestinya kita mengetahui, meneliti dan menganalisa sesuatu yang dapat dijadikan “benang merah” antara yang kita tuju dengan customer needs. Artinya, ketertarikan calon customer tergantung dari bagaimana wawasan anda dalam menyajikan content marketing.

Empat hal diatas adalah strategi digital marketing yang paling mudah, efisien dan hemat biaya untuk dijalankan tanpa harus bingung lagi. Kamu juga bisa menerapkannya agar bisnis yang dijalankan bisa berjalan lebih maksimal dan tentunya memberikan keuntungan yang besar.