Aplikasi Keluarga Sehat: Pengertian, Penggunaan, Fitur & Cara Download

Pesatnya perkembangan teknologi, membuat akses pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat semakin mudah. Hal ini terbukti dengan adanya aplikasi keluarga sehat yang sudah terhubung ke seluruh puskesmas yang ada di Indonesia.

Aplikasi ini juga selaras dengan instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 terkait kebijakan strategi nasional dalam usaha untuk pengembangan e-government. Hal ini tentu bertujuan agar masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan akses kesehatan.

Aplikasi Keluarga Sehat

Aplikasi Keluarga Sehat merupakan platform yang digunakan oleh Kementerian Kesehatan demi menunjang program pemerintah untuk Indonesia Sehat dengan melakukan pendekatan pada keluarga atau PIS-PIK.

Aplikasi ini pertama kali diluncurkan oleh Pusat Data dan Informasi Kemenkes atau PUSDATIN dengan nama Prokesga di tahun 2015. Tujuan aplikasi ini awalnya untuk membantu serta mempermudah proses pelayanan dan pendataan pasien yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan daerah.

aplikasi-keluarga-sehat

Pada tahun 2016 platform ini berganti nama menjadi Aplikasi Keluarga Sehat. Aplikasi ini menjadi salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Fungsi Aplikasi Keluarga Sehat

Sebagai masyarakat Indonesia tentunya memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Hal ini sesuai dengan Hak Asasi Manusia yang tercantum dalam UUD 1945 Pasal 28 H ayat 1.

Untuk mendukung hak warga dari negara tersebut, Kementerian Kesehatan membuat sebuah program dengan tajuk “Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS – PK).

Untuk merealisasikan program tersebut, maka Kemenkes perlu mendata seluruh keluarga yang ada di Indonesia. Demi memudahkan pendataan ini dibuatlah aplikasi Keluarga Sehat sebagai bentuk upaya untuk melancarkan program tersebut.

Melalui data real yang di dapatkan secara langsung diharapkan bisa mempercepat proses penindaklanjutan dalam hal kesehatan masyarakat.

Penggunaan Aplikasi Keluarga Sehat

Sebagai tempat untuk memberikan akses pelayanan kesehatan yang mudah untuk masyarakat, tentunya diperlukan beberapa tahapan secara birokrasi yang perlu kamu lakukan.

Di bawah ini tahapan-tahapan yang perlu kamu lakukan menurut PUSDATIN.

1. Pengelola Aplikasi

Tahap pertama yang dipersiapkan untuk menunjang penggunaan aplikasi adalah membentuk organisasi pengelola aplikasi untuk setiap daerah. Adapun pengelola ini terdiri atas:

  • Supervisor
  • Kepala Puskesmas
  • Admin Puskesmas
  • Tim Surveyor (Maksimal 10 orang)

Jika diperlukan tambahan orang untuk tim surveyor, maka bisa mengajukan tambahan kuota kepada PUSDATIN.

2. Pengiriman Surat Permohonan

Pada bagian pengiriman surat ini masing-masing DINKES di setiap daerah kota atau kabupaten akan mengirimkan surat atau email yang berisikan daftar nama untuk calon pengelola Aplikasi Keluarga Sehat.

Email ini ditujukan melalui keluargasehat@kemenkes.go.id. Adapun data ini harus disertakan:

  • Nama
  • NIK
  • Jabatan
  • Nomor Telepon
  • Email Setiap Anggota
  • Nama dan Kode Puskesmas

Setelah email masuk, maka akan dilakukan proses verifikasi. Jika berhasil, PUSDATIN akan membuat akun berdasarkan data yang dikirim. Untuk itu, pastikan data yang dikirim harus benar dan sesuai dari setiap anggota.

3. Pengiriman Akun Pemohon

Tahapan terakhir yang dilakukan adalah pengiriman akun kepada pemohon. Tahapan ini dilakukan setelah pengajuan data pengelola aplikasi Keluarga Sehat disetujui. Kemudian, Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota akan mengirimkan akun tersebut kepada pemohon.

Fitur Aplikasi Keluarga Sehat

Terdapat banyak fitur yang ditawarkan pada aplikasi keluarga sehat. Beberapa fitur ini tentunya bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi. Di bawah ini beberapa fitur yang bisa didapatkan.

Aplikasi Keluarga Sehat V2.0
– Tahunan Aktif
– Transfer Wilayah Kerja
– Wilayah Kerja
– Rukun Warga
– Sasaran Wilayah
– Target Surveyor
– Monitoring Wilayah
– Indeks Keluarga Sehat Puskesmas
– Crosstab
*Fitur Pada Aplikasi Keluarga Sehat V2.0

Aplikasi Keluarga Sehat bisa kamu nikmati untuk pengguna sistem operasi Android. Kamu bisa melakukan unduhan seperti langkah-langkah dibawah ini:

  • Langkah pertama kamu bisa membuka Google Playstore terlebih dahulu
  • Kemudian, masukan kata kunci “Keluarga Sehat” di kolom pencarian
  • Pilih aplikasi yang ada di bagian paling atas dan klik “Pasang
  • Jika sudah berhasil dipasang, kamu hanya perlu memasukan “Username” dan “Password” sesuai yang diberikan oleh PUSDATIN

Aplikasi Keluarga Sehat merupakan platform berskala nasional untuk seluruh wilayah Indonesia. Adanya aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan akses pelayanan serta pendataan kesehatan untuk masyarakat.