7+ Tips Jualan Lewat Instagram Terbaru

Instagram menjadi salah satu sosial media yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Tidak heran jika platform ini dijadikan tempat untuk berjualan berbagai produk oleh pengguna. Namun, tahukah kamu ternyata terdapat beberapa tips untuk cara jualan lewat Instagram agar lebih menguntungkan.

Adanya tips ini bertujuan agar akun jualan di Instagram kamu jauh lebih maksimal. Hal ini tentunya akan memberikan kamu keuntungan yang lebih besar. Pasalnya, masih banyak pengguna yang asal-asalan dalam berjualan di Instagram. Jika kamu salah satunya, maka tips ini penting banget buat dibaca.

Alasan Kenapa Harus Jualan di Instagram?

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan akun Instagram yang fokus dalam mempromosikan produk atau jasa dari bisnisnya. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, mengingat saat ini Instagram telah memiliki pengguna aktif sebanyak 1 miliar dalam setiap bulan.

Di Indonesia sendiri tercatat ada 59 juta akun aktif yang terdaftar di Instagram. Hal ini membuat kita berada di peringkat keempat dari banyaknya pengguna di seluruh dunia. Banyaknya pengguna ini menciptakan pasar baru yang lebih besar dibandingkan yang lainnya.

Artinya, kamu bisa menjangkau banyak konsumen dalam berjualan. Tidak ada batasan dalam berjualan di Instagram, kamu hanya perlu memahami tips-tips apa saja yang bisa memaksimal akun yang dimiliki.

Tips Jualan Lewat Instagram

Setelah mengetahui alasan kenapa harus jualan di Instagram, tentunya sekarang kamu perlu tahu hal-hal apa saja yang bisa digunakan untuk memaksimal keuntungan dalam berjualan di platform tersebut.

Berikut ini beberapa tips jualan lewat Instagram yang bisa kamu lakukan.

1. Pilih Produk yang Banyak Dicari

Pada dasarnya, kamu bebas berjualan apa saja di Instagram selama tidak melanggar syarat dan ketentuan dari platform tersebut. Namun, tetap pastikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan memiliki banyak peminat.

Banyaknya peminat ini memberikan peluang besar agar jualan kamu banyak dibeli oleh pengguna. Hal ini tentunya membuat bisnis kamu memiliki perputaran yang cepat sehingga keuntungan juga lebih cepat untuk didapatkan.

Tidak hanya itu, banyaknya produk yang laku serta chat yang masuk tentu akan membuat kamu lebih semangat dalam berjualan. Hal sebaliknya, jika kamu mengalami bisnis yang sepi tentu akan membuat kamu tidak bersemangat.

Berikut ini beberapa contoh produk untuk jualan lewat Instagram yang memiliki banyak peminat:

Pakaian

Aksesoris

Produk Kecantikan

Dekorasi Rumah

Dan lain sebagainya

2. Gunakan Akun Instagram Bisnis

Jangan jualan, jika akun Instagram kamu ternyata belum beralih ke versi Bisnis. Kehadiran fitur untuk akun Bisnis tentunya akan sangat membantu kamu dalam berjualan. Adanya fitur seperti Analytics, Insight dan lain sebagainya bisa kamu manfaatkan untuk bahan evaluasi.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kemudahan lainnya yang bisa membuat bisnis kamu jauh lebih berkembang seperti di bawah ini:

  • Bisa memahami tingkat engagement pengguna terhadap bisnis yang dimiliki
  • Memiliki kemampuan untuk terhubung secara langsung ke platform Facebook sehingga kamu akan lebih praktis jika ingin mempromosikan produk secara langsung di dua platform tersebut
  • Terlihat lebih profesional dan meyakinkan pengguna baru
  • Mendapatkan informasi yang super lengkap dan detail terkait pertumbuhan akun jualan tersebut

3. Buat Konten yang Menarik

Konten menjadi salah satu aspek penting untuk jualan lewat Instagram agar lebih maksimal. Kamu perlu membuat konten yang berkualitas dan mengunggahnya secara konsisten agar bisa menjangkau banyak pengguna.

Kualitas konten akan menjadi gambaran dari produk yang kamu jual. Hal ini menjadikan kamu tidak bisa asal-asalan dalam membuat konten tersebut. Jika memungkinkan, kamu bisa merekrut anggota yang memang memiliki kemampuan dalam desain grafis.

4. Manfaatkan Instagram Story

Kehadiran fitur story di Instagram, membuat banyak pengguna merasakan dampaknya. Pasalnya, pada fitur ini pengguna dapat membagikan apa saja dalam kurun waktu maksimal 30 detik.

Percayalah, bahwa setiap pengguna yang membuka aplikasi Instagram tentunya mengakses fitur tersebut. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk membagikan beberapa potongan singkat terkait produk yang kamu jual, seperti:

  • Menampilkan produk baru yang akan dirilis
  • Mengumumkan promosi yang akan datang
  • Menampilkan hasil produksi
  • Melakukan polling untuk kegiatan selanjutnya

Beberapa contoh untuk memanfaatkan fitur story di Instagram ini bisa kamu terapkan. Tentunya disesuaikan juga dengan audiens atau target dari produk yang kamu jual.

5. Maksimalkan Fitur Tautan di Bio

Tips lainnya untuk jualan lewat Instagram adalah memaksimal fitur tautan yang ada di Bio. Tautan ini memungkinkan pengguna untuk mengakses langsung halaman website tanpa perlu mengetikkannya di browser.

Hal ini tentu semakin memudahkan pengguna, terlebih jika link tersebut merupakan akses untuk melihat katalog dari produk kamu secara lengkap.

6. Gunakan Instagram Shopping

Pada awal perisilian, fitur ini cukup banyak dikecam pengguna karena membuat Instagram seperti platform Marketplace. Seiring berjalannya waktu, banyak juga pengguna lainnya yang merasakan dampak positif dari fitur tersebut.

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua akun bisnis bisa menggunakan fitur Shopping. Terdapat syarat dan ketentuan tertentu untuk bisa menikmati fitur Instagram Shopping.

7. Gunakan Hastag

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan hastag pada setiap postingan. Hastag yang dipilih tentunya harus relevan dengan produk yang kamu tawarkan. Eits, jangan gunakan hastag di kolom komentar yah, karena ini merupakan cara yang salah.

Beberapa tips untuk cara jualan lewat Instagram ini bisa kamu terapkan. Pastikan untuk melakukannya secara konsisten agar akun bisnis kamu dikenal banyak orang.