7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Google Playstore

Terdapat banyak aplikasi yang bisa kamu temukan di Google Playstore. Hal ini tentunya sangat menyenangkan bagi kamu pengguna sistem operasi Android. Namun, ada saja masalah ketika kamu ingin mengunduh aplikasi tersebut. Adanya masalah ini membuat kamu perlu cara mengatasi tidak bisa download di Google Playstore.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kamu tidak bisa download di Google Playstore. Mulai dari penyimpanan perangkat yang penuh hingga koneksi WiFi yang bermasalah. Tentunya masalah-masalah ini bisa kamu atasi dengan mudah seperti ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Google Playstore

Ketika kamu ingin melakukan unduhan aplikasi ataupun buku di Google Playstore, namun terkendala dikarenakan masalah yang tidak diketahui. Tentunya hal ini akan membuat kamu kesal. Perlu diketahui banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi  masalah tersebut.

Di bawah ini beberapa cara mengatasi tidak bisa download di Google Playstore.

1. Cek Koneksi Jaringan Internet dan Pengaturan Google Playstore

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek terlebih dahulu koneksi jaringan internet pada perangkat HP. Koneksi jaringan internet menjadi hal utama yang sangat penting ketika kamu ingin melakukan unduhan pada aplikasi di Google Playstore.

Cek apakah jaringan internet ini sudah terhubung dengan baik dan berapa kecepatan untuk unduhannya. Kamu bisa melakukan pengecekan ini melalui laman website di sini.

  • Jika kamu mengaktifkan data seluler sedangkan pengaturan di Google Playstore menggunakan jaringan “Wi-Fi”, maka bisa melakukan pengaturan seperti di bawah ini.
  • Buka aplikasi Google Playstore yang ada di HP kamu.
  • Masuk ke bagian “Settings” kemudian pilih opsi “App download preference”.
  • Pastikan pada bagian ini kamu memilih pengaturan “Over any network”.
  • Jika yang dipilih merupakan opsi “Over Wi-Fi only”, maka aplikasi Google Playstore hanya bisa mengunduh apabila perangkat terhubung ke koneksi Wi-Fi.
2. Cek Pengaturan Waktu

Jika cara di atas sudah kamu lakukan dan masih tidak bisa instal aplikasi di Playstore, maka bisa saja penyebab dikarenakan pengaturan waktu yang salah. Pastikan waktu dan tanggal pada perangkat HP kamu sesuai dengan waktu yang sebenarnya. Kamu bisa mengaktifkan pengaturan “Automatically Set Date & Time” atau pengaturan waktu secara otomatis.

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Kebanyakan dari pengguna memiliki aplikasi yang beragam di perangkat HP mereka. Padahal, tidak semua aplikasi digunakan secara terus-menerus. Jika kamu merasa ada aplikasi yang tidak pernah dibuka setalah di download, maka disarankan untuk menghapus aplikasi tersebut.

Hal ini mengingat bahwa aplikasi tersebut akan terus memakan penyimpanan memori HP kamu sehingga membuatnya penuh. Tentunya ini menjadi penyebab mengapa banyak HP Android yang mengalami masalah “memori penuh”. Hal ini juga bisa menyebabkan kamu tidak bisa mengunduh aplikasi di Google Playstore dikarenakan tidak adanya penyimpanan kosong.

Di bawah ini cara untuk uninstall aplikasi yang tidak terpakai di perangkat Android.

  • Langkah pertama kamu bisa masuk ke bagian pengaturan atau “Settings”.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Aplication” atau “App Management”.
  • Pada bagian ini kamu akan diperlihatkan dengan beragam aplikasi yang terpasang pada perangkat HP.
  • Pilih aplikasi yang sebelumnya ingin kamu hapus atau uninstall.
  • Langkah terakhir klik opsi “Uninstall” untuk menghapusnya secara permanen. Ulangi langkah yang sama untuk aplikasi lainnya.
4. Hapus Cache di Semua Aplikasi

Apakah kamu sering mengabaikan sampah cache yang menumpuk pada perangkat HP? Jika iya, maka segera hilangkan kebiasaan ini. Pasalnya, cache yang menumpuk bisa menyebabkan HP kamu kehabisan kapasitas memori. Selain itu, cache yang menumpuk juga bisa menyebabkan HP kamu menjadi lebih lemot.

Kamu bisa mengikuti panduan seperti di bawah ini untuk menghapus cache pada semua aplikasi.

  • Masuk ke bagian “Settings” pada perangkat HP yang dimiliki.
  • Kemudian pilih opsi “Additional Setting” pada bagian tersebut.
  • Selanjutnya, pilih “Clean Storage” dan klik menu “Bersihkan file sampah” yang ada di bagian bawah. 
5. Permasalahan Pada Google Play Service

Cara mengatasi tidak bisa download di Google Playstore selanjutnya, yakni dikarenakan permasalahan pada Google Play Service. Adanya masalah ini tentunya menyebabkan perangkat HP kamu tidak bisa mengunduh aplikasi di Google Playstore. Untuk itu, kamu perlu memperbaiki masalah ini terlebih dahulu.

Berikut ini cara untuk mengatasi permasalahan pada Google Plays Service.

  • Langkah pertama, masuk ke bagian “Settings” yang ada di perangkat HP.
  • Kemudian, masuk ke opsi “Apps” atau “Apps Management”.
  • Pada bagian ini kamu bisa masuk ke “Google Play Service” dan cari “Show All Apps” atau “Show System Process“.
  • Jika sudah berhasil kamu temukan, masuk ke Google Play Service dan pilih opsi “Storage”.
  • Selanjutnya, kamu bisa memilih “Clear Cache” atau “Clear Data

Apabila cara ini sulit untuk kamu lakukan ataupun gagal, maka kamu bisa merestart aplikasi Google Playstore dengan cara membershikan data pada aplikasi.

6. Memindahkan Data ke Memori Eksternal

Sering kali jika kamu ingin melakukan unduhan aplikasi di Google Playstore, maka unduhan tertunda dikarenakan penyimpanan yang penuh. Cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan memindahkan data penting yang ada di bagian memori internal ke bagian memori eksternal.

Cara ini tentunya membuat kamu perlu memiliki memori eksternal. Harga untuk memori eksternal khusus perangkat Android tergolong sangat terjangkau. Selain itu, kapasitas yang ditawarkan juga sangat besar dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

7. Hapus Proxy

Cara mengatasi tidak bisa download di Google Playstore adalah dengan menghapus proxy yang ada di pengaturan APN. Cara ini berlaku apabila perangkat kamu menampilkan pesan error berupa 491 atau 403 ketika melakukan unduhan di Google Playstore.

Di bawah ini cara yang bisa kamu lakukan utnuk menghapus proxy pada perangkat Android.

  • Langkah pertama masuk kebagian “Settings” dan pilih opsi “Mobile Network”.
  • Kemudian, masuk ke bagian pengaturan koneksi SIM. Pada bagian ini kamu perlu menyesuaikan SIM 1 atau SIM 2 yang nantikan akan digunakan untuk mengunduh di Google Playstore.
  • Pada tampilan ini kamu bisa masuk ke bagian “Access Poin Name” dan hapus kolom yang ada pada proxy dan port-nya.
  • Langkah terakhir, klik “Save” dan lakukan restart pada perangkat HP kamu.

Tujuh cara mengatasi tidak bisa download di Google Playstore ini bisa menjadi alternatif kamu yang mungkin sedang mengalami masalah tersebut. Pastikan mengikuti panduan dengan tepat agar HP kamu bisa berfungsi dengan normal.