6 Mindset Jualan Online yang Wajib Kamu Ketahui

Pada tahun 2010-2011, industri E-Commerce mulai berkembang di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa Gojek menjadi salah satu penggagas munculnya e-commerce di Indonesia.

Tren industri e-commerce menjadi pergerakan besar dalam dunia bisnis online yang mana para pengembang e-commerce tersebut melihat pasar yang luas serta ingin meraup pasar secara besar.

Sebagai pelaku bisnis online, sudah seharusnya anda ikut andil di dalam tren jualan online serta wajib memiliki strategi dan mindset dalam jualan online. Sebelum menjelaskan beberapa mindset jualan online, ada baiknya untuk diketahui apa itu mindset.

Bagaimana Mindset Jualan Online?

Mindset dapat diartikan sebagai pola pikir. Dalam pengertiannya, mindset adalah pola pikir yang terbentuk karena sugesti dan kebiasaan yang anda lakukan. Maka, mindset jualan online dapat dimengerti sebagai pola pikir yang terbentuk dalam jualan online yang akan kamu jalani.

Untuk menjadi kebiasaan yang baik, kamu harus melakukannya berulang-ulang kali. Kenapa demikian? Karena segala sesuatu yang biasa harus dipaksa dengan memiliki mindset yang kuat dan usaha yang konsisten.

5 Mindset Jualan Online

Perlunya membangun mindset yang baik dalam jualan online adalah hal wajib yang harus dimiliki dalam melakukan jualan online.

Di bawah ini beberapa mindset jualan online yang bisa kamu terapkan sebelum memulai bisnis.

1. Ketahui Visi Kamu

Dalam melakukan jualan online, pastinya kamu memiliki tujuan yang ingin diraih. Maka jadikan tujuan tersebut sebagai goal yang harus dicapai dengan membuat strategi jualan online. Setelah itu, fokus terhadap tujuan adalah kunci sukses dalam jualan online.

Tak sedikit juga rasa malas, bosan muncul di pertengahan usaha kamu. Akan tetapi, perbaharui kembali niat dan tujuan kamu dalam melakukan bisnis yang ingin ditekuni.

2. Memahami Psikologis Market

Mindset yang harus menjadi perhatian khusus adalah bagaimana kamu memahami karakter pembeli. Memahami psikologis customer adalah kunci dimana kamu dapat memahami produk yang diinginkan oleh market.

Banyak orang jualan tidak memahami cara jualan yang baik dan benar. Padahal, dengan adanya market, kebutuhan yang dibutuhkan sesuai dengan yang diminta.

Artinya, demand bergantung pada market. Maka kamu berhak memahami karakter calon pembeli.

Melihat sesuatu dari segi customer sangatlah dibutuhkan dalam jualan online. Kamu perlu memahami strategi exposure produk, membuat interaksi agar calon pembeli mau membeli produk, serta buatkan postingan yang dapat mempengaruhi mereka. Maka, dengan begitu, kamu akan menang di hati para calon customer.

3. Memahami Value Produk

Banyak orang terlalu fokus kepada profit. Padahal, ketimbang memikirkan profit, value sebuah produk atau merk lebih penting untuk dipikirkan. Dengan memilikirkan value, maka anda memiliki keunikan dari sebuah produk.

Keunikan tersebutlah yang menjadi alasan seseorang melirik untuk membeli produk yang kamu miliki. Value sebuah produk seperti pisau yang membelah daging. Dengan nilai yang dimiliki, maka dengan sendirinya profit kamu akan meningkat.

4. Sharing Bersama Pebisnis Online Berpengalaman

“The best teacher is experience”. Dari pepetah tersebut, kita tahu bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik. Kenapa demikian? Karena pengalaman mengajarkan kita bagaimana caranya agar hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi. Selain itu, pengalaman memiliki manfaat untuk dilakukan di kemudian hari.

Bergaul dengan orang berpengalaman, terutama pelaku bisnis online, akan berdampak pada jualan yang ingin kita jual secara online. Mereka banyak memberikan saran-saran terbaik dalam melakukan jualan online.

Belajar dari orang yang berpengalaman sangatlah penting. Sebagai bentuk brainstorming sebelum melakukan jualan online. sehingga kamu dapat menerapkannya dengan memperhatikan atau menyesuaikan produk yang akan anda jual nantinya.

5. Memiliki jiwa leadership, kreatif dan inovatif

Yang dimaksud jiwa leadership disini adalah jiwa bertanggungjawab yang tinggi. Tanggung jawab tersebut adalah bentuk dalam melakukan sesuatu yang akan kamu lakukan.

Nilai-nilai kepemimpinan harus dimiliki sebagai acuan dalam menjalankan yang tujuan yang ingin kamu capai. Apabila kamu sudah memiliki nilai ini, maka sudah siap dengan berbagai tantangan yang akan dihadapi.

Selain itu, nilai kreatifitas dan inovasi juga menjadi hal penting dalam mindset kamu. Karena, banyak brand ternama selalu berinovasi guna menunjang kemajuan teknologi.

Kita ambil contoh Apple. Inovasi yang dilakukannya sebagai smartphone pertama dengan layar sentuh menjadikan sebuah brand berkelas masa kini. Sedangkan Nokia, kalah dalam inovasi yang membuatnya bangkrut.

6. Konsisten dalam Melakukannya

Banyak orang selalu terfokus dengan hasil. Padahal, proses adalah nilai terpenting dalam menjalankannya. Jika kita melihat sebuah proses tersebut, maka proses itu haruslah dilakukan dengan sabar, konsisten dan komitmen yang kuat dalam diri anda.

Maka, hasil yang akan diraih pasti hampir sesuai dengan kemauan yang kamu inginkan.

Untuk menjadi konsisten, kamu harus terus melakukannya dengan sabar. Maka tidak heran, antara sabar dan konsisten saling berdekatan dan tidak bisa dipisahkan.

Memang betul, adanya bisnis online dapat meraup keuntungan yang sangat besar jika kamu memahami mindset dalam jualan online. Kenapa dapat meraup keuntungan yang besar? Karena modal yang anda keluarkan sangat efektif dan tidak harus besar. Selain itu, kamu juga dituntut untuk memahami beberapa strategi dalam mendatangkan pelanggan.