4 Aplikasi Kesehatan Mental yang Banyak Dicari

Saat ini, muncul berita tentang kasus covid-19 varian baru. Varian baru tersebut ialah corona subvarian omicron yang menimbulkan banyak kalangan khawatir akan penyebarannya. Hal tersebut sudah dinyatakan oleh pemerintah di berbagai media agar masyarakat tetap waspada dalam menanganinya.

Pastinya, banyak dari masyarakat merasakan kekahwatiran yang kuat sehingga mempengaruhi kesehatan mental. Kekhawatiran, kecemasan, ketakutan dan beberapa gangguan anxiety lainnya adalah bentuk awal mula munculnya penyakit serius.

Hal ini, tentunya dapat dicegah dengan cepat agar tidak terjadi masalah yang lebih besar lagi.

Daftar Aplikasi Kesehatan Mental

Perubahan zaman yang semakin maju telah menjadikan pengembang aplikasi membuat dan mengembangkan terobosan baru dengan integrasi ilmu kesehatan dan digitalisasi.

Hal tersebut membuahkan hasil dengan munculnya aplikasi-aplikasi kesehatan mental. Agar gangguan mental tersebut dapat dicegah lebih awal, beberapa rekomendasi aplikasi kesehatan mental yang ada di bawah ini bisa kamu coba.

1. Halodoc

Aplikasi ini hadir sebagai terobosan baru dalam dunia kesehatan. Halodoc memiliki fitur yang memanfaatkan teknologi digital dengan menggabungkan konsultasi dokter secara online.

Sistem digitalisasi kesehatan ini menjadikan pengguna secara umum dapat merasakan pelayanan kesehatan secara mudah, cepat dan profesional.

Aplikasi Halodoc juga bekerjasama dengan beberapa apotek di seluruh Indonesia dalam penyediaan obat yang tentunya juga sesuai dengan resep dokter.

Selain itu, aplikasi Halodoc memiliki layanan kesehatan yang dapat mencegah datangnya penyakit, sebagai pengingat minum obat secara rutih serta dapat mengetahui gejala-gejala yang sedang kita alami termasuk kesehatan mental.

2. Alodokter

Sebagai aplikasi yang memiliki hampir 30 juta pengguna aktif di Indonesia, aplikasi Alodokter menyediakan layanan kesehatan yang memudahkan para penggunanya untuk dapat mengakses kapan pun dan dimana pun.

Dengan adanya fitur ini, menjawab para pengguna bahwa untuk mendapatkan layanan kesehatan tidak perlu ngantri lagi.

Alodokter tak kalah saingnya menyediakan layanan konsultasi secara online yang langsung ditangani oleh dokter-dokter yang berpengalaman dalam spesialisasinya.

Saat ini, Alodokter melebarkan sayapnya dalam pengembangan asuransi kesehatan. Tentunya, hal ini menjadikan Alodokter sebagai aplikasi kesehatan yang paham akan kondisi kesehatan para penggunanya.

3. Psikologimu

Dari namanya saja sudah dapat kita tebak bahwa aplikasi Psikologimu ditujukan kepada pengguna yang ingin mendapatkan layanan mental. Adanya layanan kesehatan mental yang berbentuk aplikasi telah menolong banyak penggunanya dengan cepat dan mudah.

Banyak orang yang sakit demam, pusing, pilek dan lain-lain rela pergi ke dokter untuk mendapatkan pelayanan.

Akan tetapi, bagi orang yang memiliki gejala anxiety disorder dan beberapa gangguan atau gejalan kesehatan mental lainnya masih merasa malu untuk datang langsung bertatap muka dengan dokter atau psikolog.

Hadirnya aplikasi Psikologimu seakan-akan menjawab permasalahan sebagian orang yang mengidap atau merasa adanya gangguan/gejala kesehatan mental yang ia miliki.

4. Diceritain

Aplikasi Diceritain adalah aplikasi konseling yang memiliki target khusus kepada anak muda terutama mahasiswa. Walaupun konselor di aplikasi tersebut masih terbatas, bukan berarti konselor tersebut tidak memiliki sertifikat.

Mereka yang terlibat sebagai konselor adalah yang terpilih dan lolos sertifikasi sesuai standar konseling sehingga mereka dapat dikategorikan sebagai konselor terpercaya.

Aplikasi Diceritain juga menjaga identitas pribadi kamu ketika bercerita ataupun mengeluarkan uneg-uneg yang kamu miliki selama ini. Sehingga psikolog, psikiater dan psikoterapis dapat memahami permasalahan anda yang kemudian mampu memberikan feedback ataupun solusi.

Empat aplikasi kesehatan mental terbaik ini menjadi rekomendasi yang tepat bagi kamu dalam membutuhkan pelayanan kesehatan secara online. Mudahnya akses serta praktis untuk digunakan membuat aplikasi ini banya di pilih dan dicari oleh pengguna.