12 Langkah Untuk Cara Pendaftaran Merek Dagang Online

Saat ini mendaftarkan merek dagang yang kamu miliki ke DJKI Kemenkumham bukanlah hal yang sulit. Kamu bisa mendaftarkannya secara mudah melalui bantuan perangkat HP ataupun Laptop. Selain itu, cara pendaftaran merek dagang online ini juga tergolong sangat cepat.

Terlebih lagi jika kamu memiliki keterbatasan waktu jika ingin melakukan pendaftaran secara offline. Tentunya cara ini sangat ampuh untuk kamu menghemat waktu agar merek dagang yang dimiliki bisa terlindungi oleh undang-undang.

Cara Pendaftaran Merek Dagang Online

Perlu diketahui bahwa untuk melakukan pendaftaran merek dagang, maka kamu bisa melakukannya di DJKI Kemenkumham. Tidak hanya melayani pendaftaran merek, di sini kamu juga bisa melakukan pengajuan keberatan atas permohonan merek dagang yang dimiliki.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan perubahan nama, alamat sekaligus pencatatan pengalihan atas hak merek. Di bawah ini cara lengkap untuk mendaftarkan merek dagang secara online di DJKI Kemenkumham:

  1. Cara pertama kamu bisa mengunjungi website https://merek.dgip.go.id/ melalui perangkat PC atau HP.
  2. Selanjutnya, klik tombol “Daftar” yang ada di bagian kanan atas.
  3. Pada bagian selanjutnya, kamu akan dihadapkan dengan berbagai kolom terkait data diri yang wajib untuk di isi. Adapun data ini mencakup: Email, Password, Jenis Pemohon, Data diri sesuai KTP (Kartu Tanda Penduduk), Nomor HP, Alamat Lengkap hingga Kode Pos.
  4. Jika data di atas sudah kamu isi secara benar, maka klik bagian kolom “Pernyataan” dan masukkan Captcha sesuai yang ditampilkan.
  5. Apabila sudah berhasil, maka kamu hanya perlu menunggu email balasan sesuai yang sebelumnya di daftarkan.
  6. Kemudian masukkan “Username” dan “Password” yang sebelumnya telah kamu daftarkan dan pilih “Permohonan Online”.
  7. Pada bagian selanjutnya, klik “Tambah” untuk membuat permohonan pendaftaran baru.
  8. Berikutnya, lakukan pemesanan kode biling dengan mengisi kolom di bagian Tipe, Jenis dan Pilihan Kelas.
  9. Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada aplikasi SIMPAKI.
  10. Isi formulir yang telah disediakan dengan lengkap dan teliti.
  11. Kemudian, kamu diminta untuk mengunggah “Label merek, Tanda tangan pemohon dan Surat Keterangan UMK (Jika pemohon merupakan pengusaha mikro/kecil)”.
  12. Apabila semuanya sudah berhasil kamu isi, maka klik “Selesai” dan tunggu hingga proses diterima oleh DJKI Kemenkumham.

Sebelum melakukan cara pendaftaran merek dagang online seperti di atas, maka kamu perlu memastikan terlebih dahulu bahwa merek tersebut tidak sama dengan orang lain. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengeceknya secara langsung di PDKI.

Adapun cara untuk mengeceknya seperti dibawah ini.

  1. Langkah pertama kamu bisa mengunjungi website PDKI atau dengan klik https://pdki-indonesia.dgip.go.id/ tersebut.
  2. Pada halaman utama kamu akan diperlihatkan kolom pencarian yang terletak di bagian tengah.
  3. Pastikan kamu memilih fitur filter “Merek” yang ada di bagian samping sebelum memasukkan nama untuk merek dagang yang dimiliki.
  4. Selanjutnya, masukkan “Nama” untuk merek dagang kamu dan klik tombol “Cari” yang ada di bagian samping.
  5. Jika hasil pencarian tidak menampilkan data apapun, maka kamu bisa langsung mendaftarkan merek dagang tersebut sesuai dengan panduan di atas.

Cara pendaftaran merek dagang online ini tentunya sangat mudah untuk kamu lakukan. Hanya berbekal laptop dan internet, maka merek dagang kamu sudah bisa dilindungi secara undang-undang dan terdaftar di DJKI Kemenkumham.